Bekerja di Gedung Perkantoran? Yuk Terapkan 5 Cara Menata Ruang Kerja Agar Nyaman
Gedung perkantoran yang menjadi tempat kerja pada
dasarnya harus memberikan suasana yang nyaman. Karena ruang kerja yang nyaman
akan memberikan semangat yang lebih kepada para karyawan. Belum lagi tempat
kerja menjadi rumah kedua bagi mereka para karyawan. Kebayang dong kalau rumah
kedua ini tidak tertata dengan rapi, pastinya Anda akan merasa tidak nyaman.
provokantor.com |
Cara Menata Ruang Kerja
Para karyawan, mungkin termasuk Anda,
pastinya menginginkan ruang kerja yang nyaman dan memanjakan mata. Kenyamanan
yang dimaksud mulai dari kebersihan ruangan, tata ruangan kantor, dan hal
lainnya yang membuat Anda enjoy saat bekerja. Namun, cara menata ruang kerja
yang seperti itu tidak mudah. Anda memerlukan ahli dekorasi ataupun banyak
referensi. Berikut akan diberikan referensi cara menata ruang kerja yang
nyaman.
- Memasang Wallpaper di Ruang Kerja
Cat dinding kantor biasanya hanya
dicat warna putih atau warna lainnya yang kaku, sehingga mata Anda tidak bisa
melihat hal-hal yang lebih segar. Kemudian bisa jadi Anda merasa jenuh dengan
tata ruang kerja yang demikian.
Untuk memanjakan para karyawan, Anda
dapat melakukan hal simpel seperti memasang wallpaper di ruang kerja. Cara
seperti ini banyak dilakukan oleh beberapa perusahaan, hasilnya karyawan tidak
mudah merasa jenuh seperti sebelumnya.
- Menempatkan Layar Komputer dengan Tepat
Cara kerja perusahaan di zaman
sekarang hampir semuanya menggunakan laptop dan komputer. Maka menempatkan
layar komputer yang tepat perlu diperhatikan agar karyawan Anda tidak mudah
sakit leher.
Penempatan komputer dan laptop yang
ideal ialah dengan menyelaraskan antara mata dan layar. Dengan penempatan yang
seperti ini, karyawan Anda akan merasa lebih nyaman saat bekerja.
- Atur Tempat Duduk Senyaman Mungkin
Perusahaan tempat bekerja terkadang
berlokasi di gedung pencakar langit Jakarta dengan tempat duduk yang
kurang nyaman. Ruang kantor yang didesain layaknya sebuah ruangan biasa pada
dasarnya memberikan kesan bosan dan jenuh.
Untuk menghindari kejenuhan ini,
biarkanlah karyawan Anda mengatur tempat duduk mereka senyaman mungkin agar
merasa nyaman ketika bekerja. Perlakukanlah karyawan Anda dengan baik, salah
satunya dengan memberi tempat duduk yang nyaman.
- Rapikan Alat Tulis
Di meja kerja Anda pasti penuh dengan
alat tulis, mulai dari pulpen, pensil, sticky notes, penggaris, lem, dan lain
sebagainya. Terkadang alat tulis ini mudah hilang karena tidak ditata dengan
rapi. Mulailah dengan merapikan alat tulis di sebuah tempat agar meja kerja
Anda enak dipandang mata. Ruangan yang rapi memberikan semangat tersendiri kepada
Anda ketika sedang dalam waktu bekerja.
- Mengatur dan Memperbaiki Pencahayaan Ruangan Kantor
Cara menata ruang kerja yang
selanjutnya ialah mengatur dan memperbaiki pencahayaan di ruangan kantor Anda.
Jika ruangan Anda dirasa kurang cahaya, bisa diatasi dengan tambahan lampu.
Atau bisa juga dengan menggeser
lemari yang menghalangi cahaya masuk. Pencahayaan ruangan yang pas berdampak
pada kinerja Anda, khususnya dalam kesehatan mata. Pemilik gedung ruang kerja
ini mesti dan wajib memperhatikan pencahayaan ruang kantor ini.
Nah, demikianlah beberapa cara menata
ruang kerja agar nyaman. Ruang kerja yang nyaman biasanya memberi semangat baru
kepada para karyawan. Karena ruang kerja yang tidak bosan dan jenuh membuat
otak dan pikiran Anda lebih fresh.
Gedung
perkantoran
di kota-kota besar sepertinya wajib menggunakan konsep ruang kerja yang
memberikan kebahagiaan kepada karyawannya. Mengingat suasana kota besar yang
padat akan kendaraan ditambah lagi dengan deadline pekerjaan.
Tidak ada komentar